20 ponsel yang paling berpengaruh dalam sejarah (II)

Kombinasi PDA dan ponsel: Palm Treo 600 (2003)
Terkenal untuk peluncur Palm PDA, Palm Treo 180 (diluncurkan pada tahun 2001) membuat banyak kejutan, seperti yang dilakukan Treo 600. Diakui secara luas karena kombinasi fitur PDA dengan ponsel, fitur Treo 600  keyboard full qwerty, layar warna, pad navigasi lima arah dan dijalankan pada sistem operasi Palm OS 5 .

Permainan: Nokia N-Gage (2003)
Upaya Nokia untuk terjun ke dunia game awalnya menyebabkan sentimen positif, tapi N-Gage dengan cepat berubah negatif setelah dirilis. Awalnya ditargetkan sebagai pesaing Nintendo Game Boy populer, N-Gage hancur karena kontrol yang jelek, bentuk desain yang aneh yang mirip taco dan permainan yang dijalankan pada kartu multimedia standar (MMC). Mungkin aspek paling aneh dari N-Gage adalah penggunaannya sebagai ponsel – Anda harus memegang telepon pada sisinya sebagai mikrofon dan speaker ditempatkan di tepi telepon.

O2 XDA IIs (2004)
O2, seperti Palm, yang dikenal untuk perangkat PDA-nya. XDA IIs, dirilis pada tahun 2004, fitur keyboard qwerty dengan geser keluar dan fitur lengkap PDA yang dikombinasikan dengan ponsel. XDA IIs lumayan mahal, tapi fitur ini memiliki jangkauan yang baik untuk fungsi organizer dan pilihan konektivitas nirkabel.

Razer-Tipis: Motorola RAZR V3 (2004)
Dipuji sebagai “hal menakjubkan dari desain industri” setelah dirilis, Motorola RAZR V3 adalah salah satu ponsel paling ikonik yang pernah dirilis. Jelas mendapatkan inspirasi dari Motorola StarTAC delapan tahun sebelumnya, RAZR menambahkan gaya penutup aluminium anodized, kamera VGA, kompilasi quad-band dan dukungan Bluetooth. RAZR populer ini melahirkan sejumlah penerus RAZR V3x termasuk, RAZR V3i dan RAZR V3xx.

Ponsel iTunes: Motorola ROKR E1 (2005) Kemitraan antara Apple dan Motorola menghasilkan ROKR E1 yang merupakan salah satu ponsel paling ditunggu di tahun 2005, dan karena integrasinya dengan Apple iTunes. Namun kekecewaan berasal dari fakta bahwa banyak konsumen mengharapkan ‘telepon iPod’ sejati (dan itu hanya datang dengan iPhone Apple sendiri). ROKR E1 dari ponsel dan pemutar musik dibatasi oleh koneksi USB 1.1 yang lambat, lagu kurang dari 100 dan kamera VGA sub-standar.

Motorola MOTOFONE F3 (2007)
MOTOFONE F3 adalah salah satu ponsel termurah yang pernah dirilis. Meskipun tidak bisa diukur dalam skala apapun, MOTOFONE F3 adalah konsep yang menarik, menampilkan sebuah EPD (Layar Kertas Elektronik). Layar ini memiliki penampilan seperti kertas dengan kontras tinggi, mengkonsumsi lebih sedikit daya, dan tipis serta ringan. Layar tidak memiliki latar, sebagai akibat dari teknologi yang diaktifkan oleh tinta elektronik yang membawa sedikit biaya.

Sentuh saja:  iPhone Apple (2007)
Pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, iPhone Apple kini jadi handset ikonik. IPhone asli adalah perangkat 2G yang memiliki bingkai yang sama dan dimensi untuk model-model baru, tapi tidak memiliki fitur dasar seperti MMS dan video recording. Pada tahun 2008, hampir setahun setelah pasar di Amerika Serikat dihantam, iPhone 3G dirilis, sementara 3GS iPhone diluncurkan tahun 2009. IPhone menikmati popularitas besar karena layar sentuh antarmuka yang ramah pengguna dan berbagai aplikasi yang tersedia untuk di-download di App Store.

Optical zoom: Samsung G800 (2008)
Ponsel pertama dengan kamera lima megapiksel dan zoom optik 3x, Samsung G800 merupakan langkah maju untuk pasar ponsel kamera. Meskipun G800 berukuran besar, kinerja zoom-nya sangat bagus untuk ponsel dan dikombinasikan dengan flash Xenon.

Google mobile: T-Mobile G1 (2008)
Meski sudah lama diluncurkan namun ponsel pertama Google Android yang dirilis adalah T-Mobile G1. G1 memiliki keyboard QWERTY geser, antarmuka layar sentuh, trackball dan sentuhan berbasis sistem operasi yang difokuskan pada personalisasi pengguna.

Kebangkitan: Palm Pre (2009)
Pertama kali diumumkan pada bulan Januari 2009, Palm Pre diluncurkan di AS pada bulan Juni, dan di Inggris seminggu kemudian. Dianggap oleh banyak orang sebagai penantang terdekat dengan iPhone, banyak diantisipasi sistem operasi – Palm WebOS telah menarik banyak pujian, namun masih jadi tanda tanya apakah ini hanya permainan  Palm sebagai jalannya kembali ke dunia ponsel.

(diterjemahkan dengan beberapa perbaikan dari pcadvisor.co.uk oleh admin)

2 responses to “20 ponsel yang paling berpengaruh dalam sejarah (II)

  1. Kenapa N-Gage ikut dalam kategori ponsel, padahal sejatinya N-Gage adalah handheld game, telephone dan SMS hanyalah fitur tambahan yang disematkan kedalam handheld game N-Gage …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s